Mengetahui 4  Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga

Mengetahui 4  Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga

Mengetahui 4  Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga

 

Author; Nurohman

 

Bro, sahabat itu  adalah orang yang pernah berkumpul sama Rasulullah saw dan mengimaninya. Mereka gak cuma ngefans sama beliau, tapi juga bener-bener berjuang dan ngebantu dakwah beliau. Karena mereka, Islam jadi ngetop banget sampe ke seluruh dunia, sampe ke jaman kita sekarang. Menurut As-Sakhawi, jumlah mereka bisa sampe 100 ribu orang, bro! Dari sekian banyak sahabat, ada 10 orang yang pasti-pasti masuk surga, tanpa ragu-ragu.

Tapi para ulama bilang, ini gak berarti yang lain gak punya kesempatan buat masuk surga, karena akhirnya yang ngatur urusan surga itu cuma Allah yang tau banget.Mengetahui 4  Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga Sembilan dari yang disebutkan sebagai yang pasti-pasti masuk surga ini ada dalam hadits yang disampaikan Rasulullah saw melalui sahabat Sa’id bin Zaid. sendiri yang ngomongin ini lewat dia. Jadi, itu tambah meyakinkan bahwa mereka tuh bener-bener istimewa dalam pandangan Rasulullah saw.

عَنْ سَعِيدِ بْنِ زَيْدِ بْنِ عَمْرِو بْنِ نُفَيْلٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: عَشَرَةٌ مِنْ قُرَيْشٍ فِي الْجَنَّةٍ أَنَا فِي الْجَنَّةِ، وَأَبُو بَكْرٍ فِي الْجَنَّةِ، وَعُمَرُ فِي الْجَنَّةِ، وَعُثْمَانُ فِي الْجَنَّةِ، وَعَلِيٌّ فِي الْجَنَّةِ، وَالزُّبَيْرُ فِي الْجَنَّةِ، وَطَلْحَةُ فِي الْجَنَّةِ، وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَوْفٍ فِي الْجَنَّةِ، وَسَعْدُ بْنُ أَبِي وَقَّاصٍ فِي الْجَنَّةِ ثُمَّ سَكَتَ سَعِيدٌ فَقَالُوا مَنِ الْعَاشِرُ؟ فَقَالَ سَعِيدٌ أَنَا

Artinya: Diriwayatkan dari Sa’id bin Zain bin Amr bin Nufail, Rasulullah saw bersabda, “Ada sepuluh orang dari kaum Quraisy yang akan berada di surga. Aku di surga, Abu Bakar di surga, Umar di surga, Utsman di surga, Ali di surga, az-Zubair di surga, Thalhah di surga, Abdurrahman bin Auf di surga, Sa’d bin Abi Waqash di surga,” Sa’id pun berhenti sejenak, hingga para sahabat yang menyimak bertanya, “Siapa yang kesepuluhnya?” Sa’id pun menjawab, “Aku.” Lihat: Musnad al-Humaidi, [Damaskus: Darus-Saqa], 1996, juz I, halaman 197).

Dalam riwayat ini, sebenernya yang disebutin cuma sembilan sahabat, soalnya yang kesepuluhnya itu Rasulullah saw sendiri, bro. Tapi ada juga riwayat lain yang bilang yang kesepuluhnya itu Abu Ubaidah bin Jarrah, seperti yang diceritain sama Ahmad bin Hanbal. (Bisa dilihat di bukunya Ahmad bin Hanbal, Fadhail ash-Shahabah, juz I, halaman 114).

Nah, kenapa mereka secara gamblang dikabarin bakal masuk surga? Ada dua alasan, bro. Pertama, Allah sendiri yang pilih mereka dan taruh mereka di posisi paling atas di antara semua sahabat. Kedua, mereka tuh contoh banget buat kita, umat Islam, dalam cara kita hidup buat Islam. Mereka itu jadi panutan buat generasi awal Islam, yang berjuang keras buat dakwah, berperang buat Islam, dan bahkan ngambil alih pimpinan setelah Rasulullah saw wafat. Makanya mereka disebut sebagai yang terbaik di antara umat Islam.

Di Universitas Alma ata, kamu dapat menelusuri lebih dalam kisah-kisah inspiratif dari para sahabat Rasulullah saw. yang telah memberikan kontribusi besar dalam menyebarkan ajaran Islam. Berikut adalah 10 Nama Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga:

  1. Abu Bakar

Bro, Abu Bakar itu memang sosok yang luar biasa, lahir di Mekah tahun 574 M. Nama lengkapnya panjang banget, dari Abdullah bin Utsman bin Amir bin Amr, dan seterusnya. Pada masa Jahiliyah, dia dijuluki Abdul Ka’bah, tapi pas masuk Islam, namanya jadi Abdullah bin Abu Quhafah. Tapi yang paling terkenal sih dia dengan gelar Abu Bakar ash-Shiddiq.

Gelar “ash-Shiddiq” dia dapet karena dia tuh orang yang bener-bener jujur dan percaya banget sama Rasulullah saw. Dia juga punya gelar lain, “Atiq,” karena selain jujur, dia juga ganteng banget, dan katanya bakal bebas dari siksa neraka. Dia juga menjadi khalifah pertama setelah Rasulullah saw wafat, dan dia jadi khalifah selama 2 tahun setengah. Dia dipilih jadi khalifah karena dia sosok senior, berwibawa, zuhud, dan paham banyak hal. Banyak banget jasa-jasanya, misalnya dia selalu setia mendampingi Rasulullah saw pas di gua Tsur, dan dia juga ngerdekin budak-budak, bahkan habisin semua hartanya buat dakwah Islam.

Saat jadi khalifah, dia juga berperang melawan nabi-nabi palsu, kaum murtad, ngembangin wilayah Islam, sampe menaklukkan Persia, Syam, Iraq, dan banyak lagi. Bener-bener tokoh besar dalam sejarah Islam.

  1. Umar bin Khattab

Nah, khalifah kedua ini namanya Abu Hafsh Umar ibn al-Khathab, dari keluarga panjang banget, dari Nufail, yang katanya orang terhormat dan berkuasa di suku Quraisy.

Umar ini lahir dan besar di Mekah, terkenal jago naik kuda dan berperang, jadi gak heran dia masuk jadi prajurit Quraisy pada jaman Jahiliyah. Dia tuh karismatik banget, jadi banyak yang takut sama dia.

Sebelum dia masuk Islam, dia bener-bener gigih mempertahankan ibadahnya ke berhala. Tapi akhirnya Allah tunjukin jalan buat dia buat masuk Islam pas dia umurnya 29 tahun, tepatnya tahun keenam sejak Nabi saw diutus. Pas udah jadi Muslim, dia terkenal banget keras melawan musuh-musuh Islam.

Pas jadi khalifah, dia dikenal sebagai sosok yang tegas dan adil buat rakyatnya. Dia banyak berjasa dalam jihad dan penaklukan, kayak perang Jembatan, Buwaib, Qadisiyah, Jalula, Hulwan, Ahwaz, Nahawand, dan masih banyak lagi.

Dia juga jadi pencetus kalender Hijriah, yang sekarang kita pakai, dan pencetus patroli malam, ngeramein shalat tarawih berjamaah, bikin lembaga buat kajian Al-Quran, terangin Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, dan masih banyak lagi. Bener-bener tokoh penting dalam sejarah Islam.

  1. Usman bin Affan

Utsman ibn Affan, atau Amirul Mukminin, punya nama panjang banget, dari Utsman ibn Affan, yang dari keluarga Umayah al-Qurasyi. Dia lahir 5 tahun setelah kelahiran Nabi saw, jadi dia lebih muda dari Nabi saw.

Utsman tuh dikenal banget dengan kesuciannya, rasa malunya, dan kemuliaannya. Dia orang yang lembut, suka berbuat baik, dan sabar banget. Dia juga sering puasa, kecuali pas hari-hari yang dilarang.

Dia dinikahin sama putri Nabi saw, Ruqayah, tapi setelah Ruqayah meninggal, Nabi nikahin dia lagi sama putri lainnya, Ummu Kultsum. Dari pernikahannya itu lahir anaknya, Abdullah. Karena itu, dia dikasih julukan “Dzun Nuraian,” yang artinya pemilik dua cahaya.

Utsman juga seorang yang rajin berperang, kecuali di perang Badar, karena dia harus ngurusin istrinya yang sakit dan akhirnya meninggal pas hari kemenangan kaum Muslimin. Tapi meski begitu, Nabi saw tetep sebut Utsman sebagai pejuang perang Badar.

Dia juga terkenal sebagai orang yang banyak ngorbanin harta kekayaannya buat agama. Dia banyak bantu pasukan perang, sampe dia beli sumur Ma’unah dari seorang Yahudi dengan harga 20 ribu dinar, terus dia wakafin buat kaum Muslimin. Ada juga hadits yang bilang bahwa “Setiap nabi punya temen di surga. Dan temenku di surga itu Utsman.” Bener-bener sosok yang luar biasa.

  1. Ali bin Abi Thalib

Ali ibn Abi Thalib, sepupu Nabi Muhammad saw, memiliki nama lengkap yang panjang banget, dari Ali ibn Abi Thalib, sampe ke Qushay, yaitu Ali ibn Abi Thalib ibn Abdil Muthalib ibn Hasyim ibn Abdi Manaf ibn Qushay. . Dia lahir 10 tahun sebelum Nabi diutus, dan dia dibesarkan oleh Nabi saw, sampe akhirnya dia dianggap seperti keluarga sendiri oleh Nabi.

Pas Nabi diutus, Ali ibn Abi Thalib adalah yang pertama yang beriman kepadanya di antara anak-anak. Dia juga dikenal sebagai sosok pemberani dan heroik. Ada satu kejadian pas Nabi hijrah, di mana dia tidur di ranjang Nabi dan bahkan pake baju Nabi buat ngelabuhin orang-orang musyrik yang mau bunuh Nabi. Besoknya, dia nyusul Nabi ke Madinah.

Dia ikut dalam semua perang bersama Nabi, kecuali perang Tabuk, di mana Nabi minta dia tetep di Madinah. Ali juga meriwayatkan banyak hadits dari Nabi, dan banyak sahabat yang nyeritain hadits dari dia.

Ali juga orang kepercayaan Abu Bakar, dan khalifah pertama sering minta saran dari dia, terutama pas ada masalah penting. Bahkan, di zaman Umar ibn al-Khathab, Ali jadi salah satu dari enam anggota majelis syura yang dipilih oleh Umar buat pilih khalifah selanjutnya setelah dia. Bener-bener sosok penting dalam sejarah Islam.

Dengan demikian, Ali ibn Abi Thalib merupakan salah satu figur kunci dalam sejarah Islam, yang dikenal dengan keberaniannya, kepatuhan pada Nabi Muhammad saw, dan kontribusinya yang signifikan dalam penyebaran ajaran Islam. Dengan kebijaksanaannya, ia juga menjadi salah satu penasihat penting bagi khalifah pertama dan kedua, Abu Bakar dan Umar ibn al-Khathab. Segudang kisah heroik dan pengabdian tersebut menjadikan Ali ibn Abi Thalib sebagai sosok yang dihormati dan dijadikan teladan oleh umat Islam hingga saat ini.

baca juga: 4 pemuda di sisi nabi saat di Mekah

 Mengetahui 4  Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga Demi memahami lebih dalam mengenai tokoh-tokoh penting dalam sejarah Islam dan warisan yang mereka tinggalkan, berbagai institusi pendidikan, seperti Universitas Alma Ata, sering kali mengadakan studi mendalam mengenai kehidupan dan peran mereka dalam mengembangkan agama dan budaya Islam. wallahualambisoab

Bagi teman- teman yang mau belajar lebih dalam tentang dunia agama maupun pendidikan lainya, bisa join ke prodi S1 PAI serta fakultas FTIK terbaik di universitas alma ata yogyakarta”:

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Kirimkan Pesan
Ada yang bisa kami bantu?
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Ada yang bisa kami bantu?

Silahkan kirimkan pesan kepada kami perihal FITK Universitas Alma Ata. Terimakasih