3 Doa di Bulan Rabiul Akhir

3 Doa di Bulan Rabiul Akhir

3 Doa di Bulan Rabiul Akhir

 

Author; Nurohman

Halo guys! Saatnya kita kembali bersua di bulan yang penuh misteri, bulan Rabiul Akhir. Bagaimana kabar kalian? Oh, di tengah hiruk-pikuk kehidupan, mari kita mengingat betapa pentingnya doa-doa yang sangat istimewa. Seolah sebuah perjalanan spiritual, seperti melangkah di lorong waktu menuju pemahaman yang lebih dalam.

Dan, tentu saja, kita tak bisa melupakan peran doa sebagai senjata seorang mukmin. Di bulan yang penuh berkah ini, seperti seorang mahasiswa yang mencari ilmu di universitas Alma Ata, mari kita manfaatkan setiap doa sebagai kunci menuju pemahaman yang lebih dalam dan makna yang mendalam. Semoga setiap langkah kita di bulan ini membawa keberkahan dan pencerahan seperti mata pelajaran yang dipelajari di kampus kehidupan. Selamat menapaki bulan Rabiul Akhir dengan penuh semangat! 🌙

baca Juga; Mengetahui 4  Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga

Jadi, mari kita berkelana bersama dalam artikel ini untuk mengeksplorasi tiga doa mustajab yang bisa mengubah hidup kita. Meskipun mungkin kita lebih suka menghabiskan waktu dengan teman-teman, belajar, atau bersenang-senang, tak ada salahnya mencari ketenangan dan kekuatan dalam doa. Siapa tahu, salah satu dari tiga doa ini bisa menjadi kunci kebahagiaan dan kesuksesan kita di masa depan. Ayo, kita mulai! 

Allah berfirman dalam al-Baqarah [2] ayat 186; 

وَاِذَا سَاَلَكَ عِبَادِيْ عَنِّيْ فَاِنِّيْ قَرِيْبٌ ۗ اُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِۙ فَلْيَسْتَجِيْبُوْا لِيْ وَلْيُؤْمِنُوْا بِيْ لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُوْنَ

Artinya: “Apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Nabi Muhammad) tentang Aku, sesungguhnya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Maka, hendaklah mereka memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

Di sisi yang berbeda, kehebatan dari doa ini adalah sebagai bentuk perlindungan dari murka Allah, guys. Ini sesuai dengan kata-kata bijak yang pernah diucapkan oleh Nabi Muhammad saw, lho. Katanya gini, dari cerita Abu Hurairah;

مَنْ لَمْ يَسْأَلْ اللَّهَ يَغْضَبْ عَلَيْهِ

Artinya: “Barang siapa yang tidak meminta kepada Allah, maka Allah akan murka kepadanya.”

Dalam cerita itu, maksudnya, Allah itu seneng banget sama hamba-Nya yang rajin ngadu sama-Nya, guys. Saat kita berdoa, kita nyadar kalo kita tuh lemah dan gak ada apa-apanya, dan minta tolong sama Allah. Ini nunjukin kalo kita nurut dan taat sama Allah. 

Selain itu, Allah juga tahu semua kebutuhan kita, jadi kalo kita gak berdoa, Allah bisa jadi kesel, loh. Karena Allah mikir kalo kita gak percaya sama Dia atau ngerasa gak butuh bantuan-Nya. 

Nah, soal doa, Bulan Rabiul Akhir itu bulan ke-4 dalam kalender Hijriah yang banyak banget keistimewaannya, salah satunya itu bisa bikin doa kita dikabulin sama Allah SWT dengan lebih gampang.

Berikut adalah 3 Doa di Bulan Rabiul Akhir;

  • Mohon ampun kepada Allah SWT

Doa keren ini ada di buku Zubdatul al-Futuhat al Makkiyah, yang ditulis sama Shalahuddin at Tijani, guys. Ada di Jilid 2, halaman 62 loh! Ini beneran luar biasa, nih, info yang bisa jadi tambahan buat kita semua.

رَبَّنَا اكْشِفْ عَنَّا الْعَذَابَ إِنَّا مُؤْمِنُونَ , رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ, رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ. رَبَّنَا عَلَيْكَ تَوَكَّلْنَا وَإِلَيْكَ أَنَبْنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ, رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِلَّذِينَ كَفَرُوا وَاغْفِرْ لَنَا رَبَّنَا إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ, رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَاغْفِرْ لَنَا إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ.  

Artinya: “Ya Tuhan kami, angkatlah azab dari kami, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang beriman.Ya Tuhanku, tunjukilah kepadaku agar aku bersyukur atas nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku, dan agar aku dapat mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai dan perbaikilah bagiku keturunanku. Sesungguhnya aku bertobat kepada-Mu dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri. 

Ya Tuhan kami, ampunilah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman sebelum kami dan janganlah Engkau jadikan dalam hati kami kedengkian terhadap orang-orang yang beriman. Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang. Ya Tuhan kami, hanya kepada Engkaulah kami bertawakkal, dan hanya kepada Engkaulah kami kembali, dan hanya kepada Engkaulah tempat kembali.Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi orang-orang kafir dan ampunilah kami, Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. Ya Tuhan kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami, sesungguhnya Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.’’

  • Mohon diberi kebaikan di dunia dan akhirat, serta dilindungi dari kejahatan orang zalim

Doa ini juga terdapat di kitab al-Wasaya li Ibnu Arabi yang ditulis oleh si Imam Akbar, Ibnu Arabi, guys. Kamu bisa liat langsung di halaman 194. Asik banget kan bisa cek langsung sumbernya!

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ, رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ, رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ, رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا, رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا, رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ, رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ, رَبَّنَا إِنَّنَا آمَنَّا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ, رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ, رَبَّنَا آمَنَّا بِمَا أَنْزَلْتَ وَاتَّبَعْنَا الرَّسُولَ فَاكْتُبْنَا مَعَ الشَّاهِدِينَ, رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَإِسْرَافَنَا فِي أَمْرِنَا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ, حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ.  

Artinya: “Ya Tuhan kami, terimalah dari kami (amalan kami), sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka. 

Ya Tuhan kami, limpahkan kesabaran kepada kami, teguhkanlah langkah kami, dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau menghukum kami jika kami lupa atau kami terlanjur berbuat salah. 

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau membebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau membebani orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir. 

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan setelah Engkau beri petunjuk kepada kami. Dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu. Sungguh, Engkau Maha Pemberi. Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah beriman, maka ampunilah dosa-dosa kami dan lindungilah kami dari azab neraka. 

Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa. Ya Tuhan kami, kami telah beriman kepada apa yang telah Engkau turunkan dan kami telah mengikuti Rasul, maka tulislah kami bersama orang-orang yang menjadi saksi. 

Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan kesalahan-kesalahan kami, dan teguhkanlah langkah kami, dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir. Cukuplah Allah menjadi Pelindung kami, dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung.’’

  • Mohon petunjuk, hidayah, kekuatan, rezeki, dan perlindungan dari Allah SWT

Nah, ini gara-gara petunjuk dan hidayah tuh kuncinya buat dapetin kebahagiaan di dunia dan akhirat, guys. Jadi, penting banget nih buat selalu nerima petunjuk dan hidayah dari Allah.

رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا إِنَّنَا سَمِعْنَا مُنَادِيًا يُنَادِي لِلْإِيمَانِ أَنْ آمِنُوا بِرَبِّكُمْ فَآمَنَّا رَبَّنَا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّئَاتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ الْأَبْرَارِ. رَبَّنَا وَآتِنَا مَا وَعَدْتَنَا عَلَى رُسُلِكَ وَلَا تُخْزِنَا يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِنَّكَ لَا تُخْلِفُ الْمِيعَادَ» «وَاجْعَلْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ وَلِيًّا وَاجْعَلْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ نَصِيرًا. وَارْزُقْنَا وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ» «رَبَّنَا افْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَا بِالْحَقِّ وَأَنْتَ خَيْرُ الْفَاتِحِينَ. رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَتَوَفَّنَا مُسْلِمِينَ» «فَلَا تُشْمِتْ بِيَ الْأَعْدَاءَ وَلَا تَجْعَلْنِي مَعَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ. وَأَدْخِلْنَا فِي رَحْمَتِكَ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِينَ. أَنْتَ وَلِيُّنَا فَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا وَأَنْتَ خَيْرُ الْغَافِرِينَ. رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِلْقَوْمِ الظَّالِمِينَ وَنَجِّنَا بِرَحْمَتِكَ مِنَ الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ. فَاطِرَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ أَنْتَ وَلِيِّي فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ تَوَفَّنِي مُسْلِمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ. 

Artinya: “Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia. Mahasuci Engkau, maka peliharalah kami dari azab neraka. Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar seruan yang menyeru kepada iman, (yaitu) “Berimanlah kepada Tuhanmu,” maka kami beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan hapuskanlah kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami bersama orang-orang yang berbakti. 

Ya Tuhan kami, berilah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami melalui para rasul-Mu, dan janganlah Engkau hinakan kami di hari kiamat. Sesungguhnya Engkau tidak pernah menyalahi janji. Dan jadikanlah bagi kami pelindung dari sisi-Mu, 

dan jadikanlah bagi kami penolong dari sisi-Mu. Dan berilah kami rezeki, dan Engkaulah sebaik-baik pemberi rezeki.Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan merahmati kami, maka sungguh kami termasuk orang-orang yang merugi. 

Ya Tuhan kami, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan haq (kebenaran), dan Engkaulah sebaik-baik pemberi keputusan. Ya Tuhan kami, limpahkan kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan Muslim. Maka janganlah Engkau membiarkan musuh-musuhku bersuka ria terhadapku,”

Bagi teman- teman yang mau belajar lebih dalam tentang dunia agama maupun pendidikan lainya, bisa join ke prodi S1 PAI serta fakultas FTIK terbaik di universitas alma ata yogyakarta”:

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Kirimkan Pesan
Ada yang bisa kami bantu?
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Ada yang bisa kami bantu?

Silahkan kirimkan pesan kepada kami perihal FITK Universitas Alma Ata. Terimakasih