PENTINGNYA PARENTING UNTUK MAHASISWA PGMI

PENTINGNYA PARENTING UNTUK MAHASISWA PGMI

Source : edukasi.kompas.com

Prodi Pendidikan Guru MI Alma AtaParenting Education atau Pendidikan Orang tua, merupakan metode bagi orang tua dalam pembentukan karakter anak untuk meningkatkan kualitas pengasuhan dan tercapainya visi misi. Biasanya Parenting Education ini program pendidikan pengasuhan yang dilakukan oleh suatu lembaga. Tujuan utama adanya Parenting Education ini sebagai wawasan dan pengetahuan orang tua dalam pengasuhan anak sesuai dengan usia, karakter, dan pengembangannya. Namun, jangan salah bukan hanya untuk orang tua saja. Parenting Education ini juga sangat penting bagi pendidik atau pengajar dan mahasiswa, terkhusus Mahasiswa Pendidikan, Mahasiswa PG-PAUD, Mahasiswa PGMI, dan Mahasiswa PGSD.

Meskipun kunci pembentukan karakter dan pendidikan anak itu berada di keluarga, pendidik atau pengajar menjadi tempat kedua. Dimana itu sangat dibutuhkan untuk membekali diri menjadi orang tua, karena di sekolah nantinya pendidik atau pengajar menjadi orang tua bagi siswa-siswanya, termasuk Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah atau Mahasiswa Pendidikan Sekolah Dasar yang nantinya akan menjadi guru dan terjun langsung dalam dunia pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar.

Karakter anak atau siswa yang ditumbuhkan dari keluarganya atau dibawanya ke Jenjang Pendidikan Formal (SD dan MI), entah baik atau kurang baik. Pihak Sekolah, selaku orang tua kedua bagi siswa-siswanya harus mampu menyeimbanginya. Yang baik terus ditumbuhkan karakter baiknya, yang kurang baik diajarkan dan dibimbing untuk terus menumbuhkan karakter baik bagi siswa.  Baik usia dini atau usia SD, mereka merupakan peniru yang ulung. Tahapan imitasi (meniru) sangat mudah dilakukan oleh mereka.   Apa yang  didengar, apa yang dilihat, apa yang dirasakan, akan sangat mudah ditiru oleh anak. 

Sebagai mahasiswa yang merupakan calon pendidik atau pengajar harus lebih hati-hati dalam berperilaku maupun perkataan. Itu sangatlah penting dibiasakan dari sekarang agar nantinya mudah beradaptasi dengan dunia pendidikan anak. Ini juga akan sangat berguna dalam program magang atau PPL nantinya, yang dimana merupakan tahapan awal mengajar secara langsung atau berhadapan langsung dengan siswa selama masih menjadi mahasiswa. Biasanya selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi, terkhusus untuk Program Studi PGMI atau PGSD diadakannya kegiatan seminar ‘Parenting’ atau sejenisnya. Yang merupakan suatu kegiatan pendukung untuk pemahaman mahasiswa akan pentingnya parenting selain dari mata kuliah, yang dijabarkan atau disampaikan oleh pakarnya. Parenting (pengasuhan) yang merupakan proses membangun pikiran orang tua (guru, orang tua, atau calon guru) agar mampu membangun fikiran anak. Jadi, pemikiran atau mindset mahasiswa pun sangat perlu dikendalikan dari sekarang. 

Menjadi mahasiswa yang merupakan calon pendidik atau pengajar, pemahaman akan pendidikan dan pengembangan anak berada dikendali kalian. Menjadi mahasiswa yang telah berkesadaran penuh akan pentingnya parenting dan nantinya mampu mengimplementasikannya dengan baik. Mendorong anak-anak dan menumbuhkan karakter yang penuh kesadaran menjadi tugas utama dan tentunya pencapaian yang luar biasa bagi kalian. 

Salam literasi, salam inspirasi. 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Kirimkan Pesan
Ada yang bisa kami bantu?
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Ada yang bisa kami bantu?

Silahkan kirimkan pesan kepada kami perihal FITK Universitas Alma Ata. Terimakasih