PENTINGNYA PEMAHAMAN MAHASISWA PGSD TENTANG LVEP UNTUK PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER

PENTINGNYA PEMAHAMAN MAHASISWA PGSD TENTANG LVEP UNTUK PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER

Source : stkippgriponorogo.ac.id

Prodi Pendidikan Guru SD Alma Ata – Pendidikan Guru Sekolah Dasar, mencetak dan mempersiapkan mahasiswa sebagai calon pendidik yang siap menjadi guru yang profesional. Guru yang mempunyai peran utama dan penting untuk pelaksanaan pendidikan karakter dalam kegiatan pembelajaran yang menentukan keberhasilan tujuan pendidikan. Guru dituntut untuk profesional dan paham dalam perencanaan dan pelaksanaan strategi pendidikan karakter yang kreatif dan inovatif.  Dengan itu pentingnya bekal pengetahuan dan keterampilan mengajar dengan model pembelajaran inovatif berbasis karakter guna mendukung program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). 

Program PPK merupakan program pemerintah guna menyiapkan generasi emas 2045 yang bertaqwa, nasionalis, tanggung jawab, mandiri, dan memiliki daya saing global. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa dunia pendidikan di Indonesia masih dalam tantangan dekadensi moral, yang diantaranya dari perilaku kekerasan antar teman, memalak, merusak fasilitas sekolah, berbohong, menyontek, membolos, merokok di sekolah, pergaulan bebas, dan sejenisnya. Perilaku-perilaku tersebut sudah tentu dipengaruhi oleh banyak faktor, baik dari lingkungan keluarga, lingkungan rumah maupun lingkungan sekolah. Terlebih dengan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah kurang inovatif dan solutif. Menjadi tantangan tersendiri untuk para guru dalam membenahi dan membentuk karakter anak didiknya. 

Setiap orang dilahirkan dengan nilai dan kualitas yang positif. Menggali dan akhirnya menemukan cara praktis agar nilai tersebut tumbuh dalam kehidupan setiap individu, dengan harapan kehidupan akan penuh dengan nilai yang bermakna. Karena nilai diyakini mampu menyatukan dan menembus sekat-sekat perbedaan yang memisahkan atau yang membedakan manusia satu dengan manusia lainnya, golongan satu dengan golongan lainnya, dan seterusnya. Dengan terus mendambakan kehidupan yang penuh nilai kedamaian, kebahagiaan, dan cinta kasih, akan terus membuat setiap orang berusaha untuk mencapainya. Terlebih sebuah lembaga, instansi, dan pemerintahan. Kehidupan yang damai dan tentram sudah pasti sangat diharapkan tumbuh dan berkembang di lingkungan masyarakat. 

Living Values Education Program atau LVEP merupakan program pendidikan nilai yang menawarkan berbagai pengalaman aktivitas nilai agar para siswa mampu menggali dan mengembangkan nilai-nilai kehidupan, yakni: kedamaian, penghargaan, cinta, toleransi, kebahagiaan, tanggung jawab, kerjasama, kerendahan hati, kejujuran, kesederhanaan, toleransi dan persatuan. Dengan adanya pemahaman LVEP yang diberikan kepada mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar merupakan suatu perwujudan usaha untuk turut andil mendukung program PKK generasi emas 2045. Serta mempersiapkan Mahasiswa yang lulus dengan pemahaman dan siap terjun di dunia pendidikan. 

Pentingnya pemahaman mahasiswa terkait LVEP dalam penguatan karakter memudahkan dalam penugasan pembutan RPP bagi mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar atau mahasiswa dari luar bidang lainnya merupakan suatu upaya agar mampu membuat RPP yang tersusun dengan model pembelajaran berbasis karakter dan mampu diimplementasikan ke peserta didik dengan baik dan luwes. 

 

Salam literasi, salam inspirasi. 

Sumber : ABDIPRAJA, Jurnal Pengabdian Masyarakat (Peningkatan Pemahaman Guru Tentang LVEP Sebagai Program Penguatan Pendidikan.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Kirimkan Pesan
Ada yang bisa kami bantu?
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Ada yang bisa kami bantu?

Silahkan kirimkan pesan kepada kami perihal FITK Universitas Alma Ata. Terimakasih