7 SENI MEMPELAJARI MATEMATIKA

7 SENI MEMPELAJARI MATEMATIKA

Prodi Pendidikan Matematika Alma Ata – Matematika. Ya, sesuatu yang selalu berhubungan dengan angka, tetapi tidak bagi sebagian orang. Siapa yang tidak mengenal sosok Jerome Polin? Youtuber yang jago matematika dan mengimplementasikan matematika dikehidupannya. Menurut Jerome Polin sendiri, matematika bukanlah hanya soal angka, melainkan cara kita berpikir untuk menyelesaikan masalah atau problem solving. Bagi kalian yang memperoleh pelajaran matematika dari SD sampai SMA. Menurut kalian matematika itu apa?

Matematika itu susah, membosankan, rumit dan seterusnya.

Nah, tapi jangan lupa. Ada beberapa hal yang bisa kita dikendali loh. Buktinya kalian bisa menjadi salah satu Mahasiswa Pendidikan Matematika.

 

Kita cari tau cara mempelajari matematika yang menyenangkan yuk. Ada beberapa seni mempelajari matematika dari penulis yang bisa kalian coba, bisa jadi inspirasi, dan motivasi.

  1. Kendalikan mindset kita, bahwa “Matematika itu mudah, asik, menyenangkan dan sebagainya.” Karena sesuatu yang kita pikirkan itu baik pasti akan baik pula hasilnya.
  2. Niat sungguh-sungguh. Nanti akan jatuh cinta dan mencintai matematika bisa secara penuh dan menyeluruh. Niat yang baik, bertekad yang kuat, dan berusaha dengan maksimal. Ketika kita sudah suka ya akan terus suka. Senikmat itu dan akan merasakan candu.
  3. Mengenali matematika secara nyata. Iya, matematika itu abstrak, berkonsep penuh simbol, operasi bilangan, rumus, dan sejenisnya. Jadi dengan cara yang nyata adanya akan membuat kita lebih mudah memahami, misalnya menggunakan suatu benda yang ada disekitar kita. Toh, banyakkan yang menggunakan perhitungan matematika dikehidupan ini.
  4. Menggunakan berbagai metode dan media. Teknologi semakin canggih dan semakin pesat, memberikan layanan yang bisa mempermudah mempelajari matematika. Salah satunya menggunakan permainan digital empat aplikasi, yaitu di antaranya ada aplikasi ST Math, Moster Math, Khan Academy Kids, dan Splash Math. Dirancang untuk mengenalkan ilmu berhitung dasar dan ini biasanya tanpa ada biaya.
  5. Memahami dengan tepat. Apa pun yang kita pahami dengan baik pasti mudah untuk dipelajari. Seperti mempelajari matematika, kuncinya ya harus berani belajar dengan tekun. Memahami dengan pelan-pelan tapi tepat. Karena jika salah dari awal selanjutnya juga akan salah.
  6. Mengenali karakter belajar kita. Suatu hal yang mungkin sepele, tetapi ini dianjurkan. Kita harus paham bagaimana kenyamanan kita dalam belajar sesuatu. Mulai dari melalui audio sampai visual dan sejenisnya. Tidak lupa juga harus tau kita bisa konsentrasi atau fokus belajar itu dijam berapa, disituasi dan kondisi yang bagaimana.
  7. Sukai gurunya lalu sukai matematikanya. Seni yang kurang masuk akal, tetapi ini sangat ampuh. Banyak cerita di luar sana terkait itu. Bukan hanya dimata pelajaran matematika, tapi diberbagai pelajaran dan hal-hal lainnya. Ibaratnya kita menyukai atau mengidolakan seseorang dengan atau tanpa sadar kita akan menyukai hal-hal yang berhubungan dengannya. Terdengar mudah bukan?

 

Dari penulis memberikan 7 seni mempelajari matematika, bersahabat dengan angka, rumus dan teman-temannya. Akan menyenangkan bukan? Belajar ilmu yang tidak ada habisnya dan itu sangat berguna dikehidupan kita.

 

Salam literasi, salam inspirasi.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Kirimkan Pesan
Ada yang bisa kami bantu?
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Ada yang bisa kami bantu?

Silahkan kirimkan pesan kepada kami perihal FITK Universitas Alma Ata. Terimakasih