Pengaruh Positif dan Negatif Informasi Pendidikan dari Televisi

Pengaruh Positif dan Negatif Informasi Pendidikan dari Televisi

Author; Imam Suryadi

 

Pengaruh Positif dan Negatif Informasi Pendidikan dari Televisi

Edukasi atau Distorsi? Mengulas Dampak Tayangan TV terhadap Proses Belajar Remaja

Tau nggak sih, TV itu sebenernya punya pengaruh gede banget buat kita, manusia modern. Jadi, selain buat hiburan, TV juga digunakan buat ngasih tau kita banyak hal, termasuk yang berhubungan sama pendidikan. Tapi, ada dua sisi nih, ada yang positif dan ada yang negatif. Jadi, yuk kita bahas!

 

Pengaruh Positif Informasi Pendidikan dari TV:

  1. Menarik Minat Belajar: Menurut Dedeh Fardiah, TV punya kemampuan buat ngebuat kita tertarik, geng. Jadi, lu bisa belajar sambil enjoy. TV bisa merambah ke mana aja, dari satu ujung dunia sampe ujung yang laen. Dengan begitu, minat belajar masyarakat bisa tumbuh dari berbagai latar belakang.
  2. Jadi Sarana Pendidikan Tambahan: TV itu bisa jadi temen buat nemenin belajar formal kita, bro. Lu nggak cuma denger suara doang, tapi juga liat gambar yang bergerak. Jadi, informasi pendidikan yang disajikan lewat TV tuh lebih gampang dicerna.
  3. Memperluas Wawasan: Lu tau nggak sih, TV bisa ngebawa lu keliling dunia tanpa keluar kamar? Informasi pendidikan yang disajikan nggak cuma dari satu tempat aja, tapi dari berbagai belahan dunia. Lu bisa dapetin wawasan yang luas banget, gak cuma stuck di satu perspektif aja.

baca juga; perancangan dan Penerapan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Pengaruh Negatif Informasi Pendidikan dari TV:

  1. Ngebuat Kurang Waktu Belajar: Nah, ini dia sisi negatifnya. Nggak semua acara TV isinya pendidikan, banyak juga yang cuma buat hiburan doang. Ini bisa bikin kita makin lama di depan TV dan akhirnya kurang waktu buat belajar, deh.
  2. Bikin Jadi Pasif: TV itu kan komunikasi searah, dari TV ke kita. Kita nggak bisa interaksi balik. Jadi, kita jadi pasif, cuma bisa nonton dan denger doang. Kalo ada yang nggak kita ngerti, nggak bisa nanya langsung.
  3. Tayangan Nggak Cocok Buat Pelajar: Beberapa acara TV bisa ngasih tontonan yang nggak cocok buat pelajar, kayak kekerasan, kata-kata kasar, dan lain-lain. Nah, ini bisa berdampak negatif buat perkembangan dan perilaku kita. Ada juga yang bilang, sekitar 20 persen kejahatan anak bisa terinspirasi dari tontonan di TV, bro.

Intinya, kita harus pinter-pinter pilih acara TV yang kita tonton. Jangan sampe kebanyakan nonton yang nggak bermanfaat. Tetep bijak, ya!

Bagi teman- teman yang mau belajar lebih dalam seputar peembelajaran terkait pendidikan bisa join ke prodi PGSD terbaik di universitas alma ata yogyakarta“:

Referensi

https://www.kompas.com/skola/read/2021/09/20/130000969/pengaruh-positif-dan-negatif-informasi-pendidikan-dari-televisi?page=all

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Kirimkan Pesan
Ada yang bisa kami bantu?
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Ada yang bisa kami bantu?

Silahkan kirimkan pesan kepada kami perihal FITK Universitas Alma Ata. Terimakasih