Program Sekolah Penggerak Angkatan 3 di SMP N 2 Pengasih

Program Sekolah Penggerak Angkatan 3 di SMP N 2 Pengasih

Author: An-Nisa Apriani, M.Pd.

Prodi PGSD Alma AtaAn-Nisa Apriani, M.Pd. merupakan salah satu dosen PGSD Universitas Alma Ata yang lolos sebagai Fasilitator Sekolah Penggerak (FSP) Angkatan 3 Wilayah Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada tanggal 24 Februari 2024, An-Nisa Apriani, M.Pd. sebagai Fasilitator sekolah penggerak (FSP) menjadi narasumber dalam kegiatan lokakarya komunitas belajar 1 selama 8 JP dari pukul 08.00-15.45 WIB di SMP Negeri 2 Pengasih Kulon progo. Kegiatan lokakarya bertujuan agar Pengawas sekolah, kepala sekolah dan pendidik memiliki kompetensi dalam membangun budaya belajar bersama yang berkelanjutan melalui komunitas belajar, sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik. Kegiatan lokakarya menekankan proses memahami dan melakukan komunitas belajar dengan menggunakan salah satu cara untuk Pendidikan dasar dan menengah. 

Kegiatan lokakarya dilakukan dengan Teknik MERDEKA yaitu Mulai diri sendiri, Eksplorasi konsep, Ruang kolaborasi, Refleksi terbimbing, Demonstrasi kontekstual, Elaborasi pemahaman, Koneksi materi, dan Aksi nyata. Teknik mulai diri sendiri, peserta lokakarya menjawab pertanyaan reflektif berhubungan komunitas belajar di satuan pendidikan. Teknik eksplorasi konsep, narasumber sharing dengan peserta tentang materi dan konsep komunitas belajar. Teknik ruang kolaborasi, peserta dibagi kelompok sesuai sekolah masing-masing diskusi tentang pengembangan komunitas belajar dalam satuan pendidikan. FSP mendampingi setiap kelompok saat proses diskusi. Teknik Refleksi terbimbing, peserta melakukan refleksi mengenai tantangan yang mungkin terjadi pada sesi ruang kolaborasi. Teknik demonstrasi kontekstual, peserta membuat rencana pengembangan komunitas belajar berdasarkan hasil analisis kebutuhan satuan pendidikan. Teknik elaborasi pemahaman, peserta melakukan penguatan materi berbagi hasil pembuatan rencana pengembangan komunitas belajar, berdiskusi, dan memberikan umpan balik. Presentasi hasil dari demontrasi kontekstual dengan metode gallery walk pada kelompok, setiap kelompok menentukan 1 orang yang akan menjadi presenter dan tinggal di kelompoknya sedangkan anggota kelompok lain bertugas menjadi reposter yang akan berkeliling ke kelompok lain untuk mencari informasi. Tugas presenter adalah menjelaskan hasil diskusi kelompoknya kepada kelompok lain yang datang. Tugas reporter adalah menggali informasi dan mencatat hasil pembelajaran di kelompok lain untuk memperkaya pembelajaran. Waktu yang digunakan untuk belajar di satu kelompok adalah 5 menit, setelah itu berpindah ke kelompok yang lain. Teknik koneksi materi, peserta melakukan diskusi dan membuat kesimpulan terkait pembelajaran yang telah diperoleh. Selanjutnya, Teknik rencana aksi nyata, peserta membuat rencana aksi nyata satuan Pendidikan perencanaan pengembangan komunitas belajar. Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil rancangan aksi nyata dan diskusi Bersama.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *