Bernilainya Peran Guru Bimbingan Konseling Atau BK di Sekolah Dasar

Bernilainya Peran Guru Bimbingan Konseling Atau BK di Sekolah Dasar

Prodi PGSD Alma Ata – Guru pembimbing serta konseling Atau BK ialah seseorang pendidik yang mempunyai tugas menolong siswa dalam menanggulangi permasalahan yang lagi dirasakan siswa dilingkungan sekolah ataupun diluar area sekolah. Guru pembimbing serta konseling bertanggung jawab buat menolong siswa menyadari kekuatan- kekuatan mereka sendiri, apa yang merintangi dari kasus yang mereka hadapi semacam apa yang mereka harapkan.

Guru pembimbing serta konseling ( BK )ialah 2 sebutan yang kerap dirangkai bagai kata majemuk. Perihal itu mengisyaratkan kalau aktivitas bimbingan kadang- kadang dilanjutkan dengan aktivitas konseling. Sebagian pakar melaporkan kalau konseling ialah inti ataupun jantung hati dari aktivitas bimbingan. Banyak rumusan- rumusan yang berkenaan dengan tentang penafsiran bimbingan serta konseling yang dapat ditemui dalam bermacam literature. Hendak lebih baik apabila penafsiran dari tiap- tiap kata dipaparkan selaku berikut.

Penafsiran Bimbingan

Istlah bimbingan serta konseling sebagaimana digunakan literature professional di Indonesia, ialah terjemahan dari kata Guidance and Counseling dalam bahasa Inggris. Dalam kamus bahasa inggris guidance dikait dengan kata asal guide yang dimaksud menampilkan jalur( sowing a way), mengetuai( leading), menuntun( conducting), berikan petunjuk( giving instruction), mengendalikan( regulation), memusatkan( governing), serta membagikan nasihat( giving advice).

Penafsiran Konseling

Secara etimologi sebutan konseling berasal dari bahasa latin, ialah conseliumyang maksudnya dengan ataupun bersama yang dirangkai dengan menerima ataupun menguasai. Ada pula dalam bahasa Anglo saxon, sebutan konseling dari sellanyang berarti menyerahkan ataupun mengantarkan.

Peran Guru Tutorial Konseling ( BK )

Bagi bahasa peranan merupakan suatu yang jadi bagian ataupun memegang pimpinan paling utama dalam terbentuknya suatu perihal ataupun kejadian. Peranan merupakan dari kata bawah kedudukan yang ditambahkan akhiran an, kedudukan mempunyai makna seperangkat tingkatan yang diharapkan dipunyai oleh orang yang berkedudukan dimasyarakat. Sebaliknya peranan merupakan bagian dari tugas utama yang wajib dilaksanakan.

Sebaliknya guru pembimbing ataupun konselor di sekolah wajib memiliki watak karakter yang baik ataupun berakhlak mulia buat mendukung keberhasilan dalam melaksanakan bermacam tugas serta kegiatan yang terpaut dengan tutorial serta konseling di sekolah ataupun madrasah.

Peran guru pembimbing dalam bimbingan dengan langkah- langkah berikut:

  • Membuat catatan menimpa partisipan didik buat dipelajari.
  • Guru pembimbing wajib menemukan keyakinan dari orang yang bersangkutan.
  • Guru pembimbing wajib menarangkan masalah- masalah yang dihadapinya paling utama kesusahan di sekolah.
  • Guru pembimbing wajib mengetuai serta membagikan saran- saran pmecahan permasalahan yang positif.
  • Guru pembimbing membagikan bimbingan yang dibutuhkan sehingga orang bisa melakukan bermacam aktivitas ataupun usaha yang cocok dengan keahlian serta permasalahan yang dihadapinya.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Kirimkan Pesan
Ada yang bisa kami bantu?
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Ada yang bisa kami bantu?

Silahkan kirimkan pesan kepada kami perihal FITK Universitas Alma Ata. Terimakasih