4  Tips Agar Taat kepada Allah

4  Tips Agar Taat kepada Allah

 4  Tips Agar Taat kepada Allah

 

Author: Nurohman

 

Key: 4 cara agar selalu taat kepada sang pencipta

Pasti pernah denger, ya, tentang tujuan utama kita diciptain sama Allah, terutama dalam lingkungan Universitas Alma Ata? Yap, salah satunya buat ngelakuin ibadah dan ninggalin yang namanya maksiat. Tapi, nggak bisa dipungkiri, itu tuh sering banget jadi tantangan berat, karena selalu ada godaan dari mana-mana, dari yang namanya nafsu atau bisikan setan yang bikin kita jadi bingung, kan?

Nah, menurut penjelasan dari Habib Abdullah bin Alawi Al-Haddad, dia ceritain ada 4 hal yang bisa bikin kita, kaum muslim, jadi lebih semangat dalam ngelakuin ibadah dan ninggalin yang namanya maksiat. Seru, ya, gimana cara dia ngajarin kita buat jadi lebih kuat dan fokus dalam jalani hidup kita sebagai hamba Allah.

Tahu nggak sih, teman-teman, kita sebagai umat Islam diharapkan banget nih untuk selalu pegang teguh 4 Pengingat untuk Meningkatkan Ibadah dan Meninggalkan Maksiat ini, di mana pun dan kapan pun. Tujuannya sederhana, supaya kita selalu bisa jalan di jalan yang bener dan nggak terperosok dalam perbuatan yang nggak baik. Nah, nih, 4 Pengingat untuk Meningkatkan Ibadah dan Meninggalkan Maksiat:

  1. Merasakan Kehadiran Allah

Temen-temen, pernah nggak ngerasa kalo Allah itu selalu ada di sekitar kita? Iya, bener banget, dia tuh selalu ngawasin kita, dari langit sampe ke bumi. Gak ada satu pun yang bisa lolos dari perhatian-Nya. Kita juga seharusnya bisa ngerasain kehadiran-Nya di setiap langkah kehidupan kita. Keren, kan?

Habib Abdullah ngingetin kita, lho, kalo Allah tuh selalu ngawasin semua yang ada di langit dan di bumi. Gak ada yang bisa lolos dari perhatian-Nya. Kita juga seharusnya bisa ngerasain kehadiran-Nya di setiap langkah kehidupan kita, lho. Seru, kan?

“Sesungguhnya Allah mengetahui setiap rahasia. Allah selalu menyertaimu di setiap keadaan,” tulis Habib Abdullah. (Abdullah bin Alawi Al-Haddad, Risalatul Mu’awanah, [Semarang: Thoha Putra], halaman 5).

Nah, teman-teman, selain itu, Allah juga selalu ngawasin setiap perbuatan kita. Mulai dari yang keliatan banget sampe yang ada di hati kita. Gak ada yang bisa luput dari pandangan-Nya. Kalau kamu masih merasa gak bisa ngerasain kehadiran Allah, bayangin aja kayak kita lagi direkam lewat CCTV-nya Allah, meskipun kita lagi di tempat yang tersembunyi sekalipun. Jadi, gak ada yang bisa sembunyi dari-Nya, deh.

أَنْ تَعْبـــُدَ اللَّهَ كَأَنَّــكَ تَرَاهُ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تَرَاهُ فَإِنَّهُ يَرَاكَ

Artinya: “(Ihsan adalah) engkau menyembah Allah seakan engkau melihat-Nya, bila engkau tak melihat-Nya maka sesungguhnya Allah melihatmu.” (HR Muslim)

Nah, gini, teman-teman, mengingat hal itu, sebenernya kita sebagai umat Islam seharusnya merasa malu, loh, kalo kita mau ninggalin perintah-Nya atau mau nyobain buat ngelakuin yang namanya maksiat. Kita harus inget, Allah selalu ngeliatin kita dengan penuh kasih sayang, jadi kita juga harus punya rasa malu itu, kan?

  1. Merasakan Kehadiran Malaikat Pencatat Amal

Tahu gak, teman-teman, setiap dari kita tuh selalu ditemenin oleh dua malaikat baik yang selalu nulis semua yang kita lakuin, baik yang baik maupun yang buruk. Ada yang namanya Malaikat Raqib di sebelah kanan buat nulis amal baik, terus ada juga Malaikat Atid di sebelah kiri buat nulis amal buruk.

Jadi, kalo kita lagi gak bisa ngerasain kehadiran Allah, kita harus bisa ngerasain atau inget, kalo setiap gerak-gerik kita itu bakal direkam dan dicatat sama kedua malaikat ini. Di akhirat nanti, semua yang dicatat ini bakal dibuka, lalu kita bakal diminta pertanggungjawaban atas semua yang udah kita lakuin.

Dengan inget kehadiran kedua malaikat ini, semoga bisa bikin kita makin semangat buat berbuat baik dan ninggalin niat buat ngelakuin yang gak baik. Keren, kan?

  1. Kematian Sudah  di Depan Mata

Nah, teman-teman, kalau sampai sekarang kita masih belum bisa ngerasain kehadiran Allah dan kedua malaikat itu, dan masih belum bisa bikin kita lebih giat dalam ibadah, inget aja, kalo kita semua pasti bakal menghadapi kematian suatu saat.

baca juga; 4 Kitab Tajwid yang diajarkan di pondok pesantren

Kapan dan di mana, itu rahasia besar yang cuma Allah yang tau. Bisa aja besok, lusa, atau kapan pun. Jadi, pada dasarnya, kita semua udah dapet “vonis mati.” Contohnya, kalo ada orang yang udah dapet vonis mati dari hakim atau dokter, biasanya mereka bakal manfaatin sisa hidupnya buat lebih mendekatkan diri sama Allah.

Nah, dengan ingetin kematian yang pasti bakal dateng, semoga kita bisa lebih semangat dalam beribadah dan ninggalin perbuatan yang gak baik. Kalo dipikir-pikir, kan jadi lebih mantap, ya

  1. Janji dan Ancaman Allah

Terakhir nih, yang diingetin sama Habib Abdullah itu tentang janji dan ancaman Allah. Allah janjiin kebahagiaan dan surga buat yang nurut aturan-Nya. Tapi sebaliknya, Allah juga ancamin penderitaan dan neraka buat yang bandel.

Dengan mmempelajari 4  Tips Agar Taat kepada Allah,untuk Meningkatkan Ibadah dan Meninggalkan Maksiat ini, semoga kita makin kuat imannya, makin taat sama Allah, makin sering berbuat baik, dan ninggalin perbuatan dosa. Semoga kita semua bisa ngejalanin ajaran-Nya dengan baik. Wallahu a’lam.

Bagi teman- teman yang mau belajar lebih dalam tentang dunia agama maupun pendidikan keguruan, bisa join ke prodi S1 PAI serta fakultas FTIK terbaik di universitas alma ata yogyakarta”:

 

Refrensi

https://islam.nu.or.id/hikmah/4-pengingat-untuk-meningkatkan-ibadah-dan-meninggalkan-maksiat-67lnk

 

 

 

 

1 Comment

Pingbacks

  1. […] baca juga; 4  Tips Agar Taat kepada Allah […]

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Kirimkan Pesan
Ada yang bisa kami bantu?
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Ada yang bisa kami bantu?

Silahkan kirimkan pesan kepada kami perihal FITK Universitas Alma Ata. Terimakasih