15 Cara Belajar Efektif menurut Psikologi

15 Cara Belajar Efektif menurut Psikologi

15 Cara Belajar Efektif menurut Psikologi

Setiap individu pastinya memiliki kemampuan untuk belajar secara alami. Sejak dilahir, banyak hal yang dipelajari, mulai dari minum asi, berjalan, berbicara, hingga aktivitas lainnya. Seiring bertambahnya usia pada anak, kegiatan belajar juga disempurnakan dengan pendidikan formal di dalam sekolah.

Adapun cara belajar memiliki keterkaitan dengan pencapaian prestasi setiap individu. Dan, berikut adalah 15 cara belajar efektif menurut para pakar psikologi yang bisa Anda terapkan.

  1. Menjadikan Belajar Sebagai Kebutuhan

Kebutuhan adalah  hal yang harus dipenuhi supaya bisa bertahan dalam hidup. Ketika belajar ini di jadikan sebagai kebuhtuhan, maka belajar akan bisa semakin bersunguh-sungguh dalam melakukanya. Beberapa individu menjadikan belajar sebagai beban atau tekanan dalam hidup. Belajar tidak akan lagi menjadi tekanan atau masalah jika kita menerapkan berlajar sebagai kebutuhan, belajar bisa dilakukan dengan rasa nyaman. Dan hasilnya akan mudah di ingat.

  1. Belajar di Tempat yang Tenang

Belajar di tempat yang nyaman dan tenang. Itu bisa mempengaruhi kondisi seseorang dalam belajar. Karena itu aturlah ruangan belajar Anda di rumah  senyaman mungkin. Ubalah posisi dan penampilan ruangan setiap anda sudah merasa bosan dan ubahlah supaya bisa memberikan suasana baru. Dan bisa memberikan semangat baru, Anda juga bisa mencari suasana yang berbeda dengan belajar di kafe, perpustakaan, atau taman dan tempat lainya. Dan pastikan dalam keadan yang cukup tenang supaya anda dapat belajar dengan nyaman dan terjaga tetap fokus.

Pentingnya Pisikolog Dalam Pembelajran?

Psikologi pendidikan memberikan dampak dan sangat manfaat dalam pendidikan. Psikologi juga membantu guru dalam paham karakteristik siwanya, sehingga guru akan lebih mudah dalam proses mengajar. yukk lanjut simak lagi!

  1. Menyusun Target Belajar

Memiliki target waktu untuk menguasai materi pelajaran akan membuat Anda merasa tertantang dan excited. Maka susunlah jadwal dan menata waktu belajar dengan baik. Dan memberi hadiah untuk diri Anda seperti membeli barang favorit. Dengan mendapatkan hadiah, akan ada rasa kepuasan dalam diri sehingga akan lebih terpacu menaklukan target dalam belajar.

  1. Mengulang Kembali materi

Setelah belajar, cobalah mengulang Kembali materi. Dan  Jelaskan kembali materi yang telah Anda pelajari dengan bahasa anda sendiri kepada diri sendiri maupun orang lain . untuk mendengarkan materi yang Anda jelaskan. pakar psikologi meyakini bahwa mengulang kembali dalam mempelajari materi adalah salah satu  cara belajar yang efektif untuk mengingat materi yang sudah dipelajari. Pada saat menjelaskan kembali, Meskipun ada beberapa hal yang terlewat. Tetapi justru itulah patokan Anda supaya mengulang kembali bagian tersebut.

Perlukah melatih dalam Belajar

  1. Buat Latihan Soal

Sebelum anda mendapati ujian yang sebenarnya, Anda bisa berlatih untuk menjawab soal-soal ujian secara mandiri. Hal ini dapat sangat membantu anda dalm menggerjakan ujian dengan mental dan keadaan yang siap. Sebenarnya car aini adalah salah satu trik untuk anda dan dapat mencegah kejenuhan dalam membaca materi., dengan car aini anda juga dapat mengetahui dimana letak kesalahan anda.

  1. Berikan Jeda Pada saat belajar

Saat anda akan menghadapi ujian, Pastinya anda akan banyak membaca materi yang harus dipelajari. Tetapi jangan terlalu memaksakan diri anda yah! karena hal itu justru kurang efektif. Untuk mengistirahatkan otak sehingga bisa kembali fress. Maka dari itu berikan jeda dalam menghapal materi.

  1. Kritis

Kritis di sini bermaksud Setelah anda paham apa yang dipelajari, cobalah untuk melatih otak Anda supaya lebih kritis terhadap semua materi. Aktif dalam mencari tahu dan menganalisis kebenaran dari materi yang telah dipelajari, ini mampu membuat anda lebih mudah mengingat. Tentunya bukan hanya itu dengan adanya informasi lanjutan, serta prespektif anda yang akan lebih meluas

Apa saja sih, yang bisa di maanfaatkan di lingkungan dalam melakukan pembelajaran?

  1. Manfaatkan musik

Seperti yang sudah kita ketaui Musik sudah lama terbukti bisa membantu meningkatkan konsentrasi seseorang. Tetapi tidak semua musik dapat membantu anda saat belajar, contohnya, Musik dengan lirik dapat membuat pikiran Anda terdistraksi. Akan lebih baik, dengarkan musik klasik agar pikiran bisa menjadi lebih fokus dalam mempelajari materi.

  1. Baca Materi Sebelum Tidur Dengan Ringkas

Karena tidur adalah salah satu cara efektif untuk membantu dalam mengingat. Oleh sebab itu membaca kembali ringkasan materi sebelum tidur sangat di anjurkan. tetapi jangan lupa untuk tidur dengan jam tidur yang cukup, supaya bangun dalam keadaan segar.

  1. Diskusi

Belajar sering dilakukan seorang diri. Ada beberapa orang lebih menyukai gaya belajar secara berkelompok. Jika Anda adalah tipe dua maka carilah teman yang bisa diajak berdiskusi. Dari diskusi, Anda akan mendapatkan banyak hal yang mungkin tidak anda temui saat belajar mandiri.

Tetap fokus Dalam belajar

  1. bertanya

Jangan ragu untuk bertanya jika tidak paham sesuatu atau mendapati kebuntuan dalam belajar. Kita belajarpun  karena memang kita belum tahu tentang ilmu tersebut, Malu bertanya jangan di jadikan acuan untuk kita dicap sebagai orang bodoh.

  1. Coba terus meski gagal

Kegagalan merupakan bagian dari pembelajaran. Bahkan, kegagalan bisa dianggap sebagai cara belajar yang efektif, Dan kita juga bisa tau asal- muasal kesalahan dan dapat memperbaikinya serta dapat mengingatnya sebagai pembelajaran untuk diri sendiri supaya lebih baiklagi.

Jika Anda mengalami kegagalan, cobalah untuk kembali menggunakan cara kerja lain sehingga Anda dapat melakukan apa yang Anda inginkan. Itulah beberapa cara kerja untuk anda menjadi lebih baik.

  1. Manfaatkan fasilitas yang tersedia

Saat ini sudah banyak juga fasilitas- fasilitas dalam belajar  seperti halnya berupa buku pelajaran atau buku dengan sekumpulan soal dari sekolah. Bahkan saat ini kita bisa belajar melalui internet, youtube, televisi yang menyediakan tayangan edukatif. Memanfaatkan semua fasilitas  sebagai pendukung proses belajar. Dan sering kali materi pelajaran yang ada di internet, televisi atau tayangan edukasi yang telah dikemas semenarik, sederhana dan sefesien mungkin supaya pembaca lebih tertarik dan mudahdi terima.

  1. Buat kesimpulan

Dalam belajar sempatkanlah untuk menarik kesimpulan dari materi yang sedang dipelajari. Hal ini akan menunjukkan apa saja output dari kegiatan belajar kita dan kita bisa membaca kesimpulan ini berulang kali untuk membuat ilmu semakin tertanam di otak kita.

Ada Satu Hal Lagi Yang Perlu Dilakukan Sebelum Belajar?

  1. Berdoa

berdoa sebagai pelengkap usaha kita dalam memuntut ilmu yang kita dapat menjadi berkah dan bermanfaat. Maka dari itu Belajar di sertai doa adalah perpaduan yang memang wajid di lakukan sebagai umat yang beragama.

Bagi teman- teman yang mau belajar lebih dalam seputar peembelajaran bisa join ke prodi PGSD terbaik di universitas alma ata yogyakarta”:

 

REVRENSI

Sulaiman, S., & Neviyarni, S. (2021). Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Humanistik Serta Implikasinya Dalam Proses Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran2(3), 220-234.

Ekawati, M. (2019). Teori belajar menurut aliran psikologi kognitif serta implikasinya dalam proses belajar dan pembelajaran. E-Tech7(2), 391960.

Fahyuni, E. F., & Istikomah, I. (2016). Psikologi Belajar & Mengajar (kunci sukses guru dalam interaksi edukatif).

Nast, T. P. J., & Yarni, N. (2019). Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Humanistik Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)2(2), 270-275.

 

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Kirimkan Pesan
Ada yang bisa kami bantu?
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Ada yang bisa kami bantu?

Silahkan kirimkan pesan kepada kami perihal FITK Universitas Alma Ata. Terimakasih