9 Cara Produktif Generasi Muda Memaknai Kemerdekaan Indonesia

9 Cara Produktif Generasi Muda Memaknai Kemerdekaan Indonesia

Oleh : Diyani Islami

S1 Pendidikan Agama Islam Alma Ata – Generasi muda merupakan agen perubahan yang dapat meneruskan cita-cita bangsa Indonesia. Energinya yang kuat dan menggelora seharusnya mampu memberikan kontribusi terbaiknya untuk kemajuan, terutama mengisi kemerdekaan. Kegiatan yang positif dapat dilakukan dengan terus produktif menyebarkan kebaikan bagi sekitarnya, berikut cara-cara produktif yang dapat dilakukan generasi muda dalam memaknai kemerdekaan Indonesia :

1.    Belajar dengan Tekun

Belajar dengan tekun adalah bentuk perjuangan yang dapat dilakukan untuk meraih kemerdekaan meraih impian setiap insan. Program Wajib Belajar 12 Tahun dari pemerintah, merupakan kesempatan bagi generasi muda meraih pendidikan sebaik-baiknya. Untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi pun terbuka lebar, banyak kesempatan beasiswa yang terbuka baik dalam negeri maupun luar negeri, namun untuk mencapainya diperlukan kerjasama antara pendidik dan peserta didik, pendidik sebagai mentor of life hendaknya memberikan bimbingan dan mempersiapkan peserta didik meraih masa depan sehingga potensinya dapat berkembang maksimal dan memberikan manfaat secara luas baik untuk dirinya sendiri, masyarakat, bangsa dan negara.

2.    Mengadakan Kegiatan Kebersamaan

Untuk menciptakaan kerukunan antar individu baik dalam lingkungan sekolah, universitas, kerja dan masyarakat dapat diadakan kegiatan kebersamaan. Kegiatan tersebut dapat meliputi beberapa perlombaan yang dapat diikuti oleh semua kalangan baik anak-anak, pemuda, dan orang tua. Rasa persatuan, toleransi dan semangat perjuangan diharapkan dapat tumbuh dengan adanya kegiatan ini.

3.    Mengikuti Lomba Kreatif Bertema Kemerdekaan

Mendekati 17 Agustus, banyak organisasi yang mengadakan lomba kreatif bertemakan kemerdekaan, seperti membuat konten video reels/tiktok/youtube, poster, microblog, fotografi, puisi, menyanyi dan berbagai lomba kreatif lainnya. Lomba merupakan kesempatan generasi muda mengasah kreativitas, membentuk personal branding, melatih daya juang menyuguhkan karya terbaiknya dan meraih prestasi.

4.    Melakukan Pengabdian Masyarakat

Kepedulian terhadap sesama wajib dipupuk oleh generasi muda dengan take action dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Sudah banyak lembaga swadaya masyarakat (NGO) yang mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat di daerah 3T bahkan luar negeri. Kontribusi dari generasi muda dibutuhkan untuk meningkatkan taraf hidup mereka dari berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, lingkungan, ekonomi dan pariwisata. Kontribusi yang dapat kamu berikan dapat kamu sesuaikan dengan background pendidikan atau minat kamu. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, sebagai volunteer kamu juga dapat belajar budaya dari tempat kamu mengabdi lho! Sehingga pengalamanmu semakin kaya dan rasa toleransimu semakin tumbuh antar sesama.

5.    Membuat Konten Edukasi Bertema Kemerdekaan di Media Sosial

Konten edukasi bertema kemerdekaan sebagai bentuk sharing knowledges dapat dilakukan oleh generasi muda dengan memanfaatkan kecanggihan perkembangan teknologi seperti media sosial, bentuk kontennya pun dapat bermacam-macam seperti video, microblog, poster, infografis, film, quote, komik, meme dan sebagainya. Algoritma media sosial memungkinkan meraih jangkauan yang luas.

6.    Mencintai Produk Dalam Negeri

Generasi muda yang bangga menggunakan produk dalam negeri dalam kehidupan sehari-hari dapat dikatakan keren pasalnya telah berkontribusi membantu perekonomian negara, mengembangkan brand lokal, menciptakan lapangan pekerjaan dan membangun rasa nasionalisme.

7.    Menonton Film Bertemakan Perjuangan Kemerdekaan

Menonton film bertemakan perjuangan dapat meningkatkan rasa nasionalisme di lingkungan generasi muda. Dilansir dari kemenkraf.go.id, rekomendasi film yang dapat kamu tonton yaitu

  • November 1928 (1979)
  • Janur Kuning (1979)
  • Doea Tanda Mata (1985)
  • Tjoet Nja Dhien (1988)
  • Merah Putih (2009)
  • Soekarno (2013)
  • Battle of Surabaya (2015)
  • Tjokroaminoto (2015)
  • Kartini (2017)
  • Bumi Manusia (2019)

8. Memperkenalkan Budaya dan Kesenian Indonesia

Sebagai bangsa yang kaya akan budaya dari Sabang sampai Merauke, generasi muda dapat berperan memperkenalkan budaya dan kesenian Indonesia baik kepada lingkungan sekiar bahkan dunia agar semakin dikenal dan tidak terkikis oleh perkembangan zaman. Dalam lingkup sekitar, dapat dilakukan dengan memasukkannya dalam konsep acara dalam kegiatan kebersamaan seperti tirakatan peringatan 17 Agustus, upacara bendera, dan menggunakan bahasa daerah dalam kehidupan sehari-hari sedangkan dalam lingkup dunia, dapat dilakukan dengan mengikuti pertukaran pemuda, membuat konten video transisi pakaian adat berbagai suku di Indonesia, mengcover lagu daerah, memainkan alat musik daerah, membuat video profil suku di Indonesia, dan mengikuti perlombaan internasional. Budaya merupakan hal yang melekat dengan suatu bangsa karena dapat merepresentasikan identitas suatu bangsa tersebut.

9.    Berkunjung ke Museum dan Tempat Bersejarah

Ir. Soekarno pernah berkata “Jas Merah”, yang artinya “Jangan Sekali-Kali Lupakan Sejarah”, hal itu dipaparkan Ir. Soekarno dalam pidatonya pada tahun 1966 saat menyoroti konflik anak bangsa pada masa itu. Salah satu cara untuk mempelajari sejarah adalah dengan berkunjung ke museum dan tempat bersejarah, karena disana kita dapat melihat visualisasi perjuangan bangsa Indonesia meraih kemerdekaan. Kamu dapat menggunakan bantuan guide di museum apabila ingin mengetahui lebih jauh tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Kegiatan ini bermanfaat untuk kita memetik hikmah positif dan agar kesalahan di masa lalu tidak terulang kembali.

Refrensi :

https://www.tokopedia.com/blog/seperti-inilah-cara-generasi-muda-mengisi-dan-memaknai- kemerdekaan/

https://www.orami.co.id/magazine/upaya-untuk-mengisi-kemerdekaan

https://www.kompas.com/skola/read/2021/10/19/134958269/arti-mencintai-produk-dalam-negeri- dan-dampaknya

https://kemenparekraf.go.id/ragam-ekonomi-kreatif/10-Film-Indonesia-Bertema-Perjuangan

https://teknoia.com/jenis-konten-yang-menarik-untuk-sosial-media-678a1ae597d1

https://portaljember.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-163117233/10-upaya-untuk-mengisi- kemerdekaan-kunci-jawaban-tema-6-kelas-6-sd-mi-halaman-16-dan-17

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Kirimkan Pesan
Ada yang bisa kami bantu?
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Ada yang bisa kami bantu?

Silahkan kirimkan pesan kepada kami perihal FITK Universitas Alma Ata. Terimakasih