Tim PKM PMAT UAA lolos PIMNAS 37

Tim PKM PMAT UAA lolos PIMNAS 37

Prodi Pendidikan Matematika Alma Ata – Perjuangan selama tiga tahun akhirnya terbayar sudah, Tim PKM PMAT UAA berhasil lolos PIMNAS 37 yang diselenggarakan di Universitas Pajajaran, Bandung.  Tim yang dinahkodai oleh Anggi Erna Aryani, dengan anggota Subekti Anjarwati dan Ika Noviatun dengan bangga mengibarkan bendera Universitas Alma Ata bersama dengan bendera Universitas –Universitas Ternama di Indonesia. Rino Richardo, M.Pd selaku kaprodi memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada tim yang selama 3 tahun berturut-turut konsisten lolos PKM RSH dengan focus penelitian Etnomatematika dan Etnosains. Etnomatematika marupakan salahsatu  kajian yang didalami oleh prodi pendidikan matematika UAA sejak 2016. Berbagai penelitian dosen tentang etnomatematika telah banyak dipublikasikan di jurnal terakreditasi nasional dan internasional.

Dalam PIMNAS kali ini, Tim PKM RSH PMAT UAA memaparkan penelitan tentang eksplorasi etnomatsains pada Museum Sonobudoyo dan Implikasinya dalam pembelajaran matematika dan sains. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat siswa indonesia dalam belajar matematika karena dianggap pembelajaran yang sulit dan membosankan, sehingga mendorong peneliti untuk mengembangkan penelitian yang bertujuan meningkatkan minat belajar siswa terhadap matematika melalui budaya. Museum sonobudoyo sendiri merupakan museum yang berisikan benda-benda yang berhubungan dengan budaya, sehingga sangat cocok untuk diteliti dan dimanfaatkan keberadaannya untuk pembelajaran. Hal ini dikarenakan saat ini, museum hanya sebatas pada pembelajaran sejarah saja. Padahal banyak sekali konsep matematika dan sains yang dapat dipelajari di Museum. 

Dengan lolosnya tim PKM PMAT tahun ini, kaprodi PMAT UAA Rino Richardo, M.Pd berharap akan menjadi modal besar dan menumbuhkan rasa percaya diri dalam diri mahasiswa pmat bahwa kita mampu bersaing di tingkat nasional asal mau berpikir dan berusaha. Tidak ada hal yang tidak mungkin, masih banyak yang bisa diteliti, dan semua sistem di Prodi PMAT akan memberikan suport untuk kesuksesan PKM di tahun berikutnya. Selamat untuk mbak Anggi dan Tim atas keberhasilannya semoga menjadi pembuka untuk mencapai kesuksesan-kesuksesan berikutnya. 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Kirimkan Pesan
Ada yang bisa kami bantu?
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Ada yang bisa kami bantu?

Silahkan kirimkan pesan kepada kami perihal FITK Universitas Alma Ata. Terimakasih