Profil Lulusan

S2 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Profil Lulusan Deskripsi
AKADEMISI (Pendidik: Guru/ Dosen) Pendidikan Agama Islam Magister Pendidikan Agama Islam yang memiliki keahlian, penguasaan pengetahuan, dan kemampuan manajerial dan difusi inovasi sebagai akademisi di bidang Pendidikan Agama Islam (Pendidik: Guru dan Dosen) yang berlandaskan pada nilai-nilai keislaman dan kebangsaan, keilmuan, dan keahlian.
PENELITI/ INOVATOR Magister Pendidikan Agama Islam yang memiliki kemampuan merencanakan, melaksanakan, mengelola hasil penelitian yang inovatif dan mempublikasikannya dengan ditunjukkan perolehan HKI serta bepotensi hilirisasi bidang Pendidikan Agama Islam sesuai perkembangan ilmu pengetahuan mutakhir yang berlandaskan pada nilai-nilai keIslaman dan kebangsaan, keilmuan dan keahlian.
KONSULTAN Magister Pendidikan Agama Islam yang memiliki kemampuan menganalisis dan memecahkan problematika Pendidikan Agama Islam berlandaskan pada nilai-nilai keislaman dan kebangsaan, keilmuan, dan keahlian.

 

S1 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Profil Lulusan      
Description
Educators
  1. Mampu menyusun dan mengembangkan rencana pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) pada jenjang pendidikan dasar dan menengah dengan memperhatikan pendekatan, metode, dan strategi pembelajaran sesuai dengan perkembangan peserta didik.
  2. Mampu mendemonstrasikan pembelajaran PAI pada jenjang pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan rencana yang telah disusun.
  3. Mampu menyusun dan melaksanakan sistem evaluasi pembelajaran PAI pada jenjang pendidikan dasar dan menengah dengan menggunakan instrumen yang telah disusun.
  4. Mampu memanfaatkan hasil evaluasi pembelajaran untuk pengembangan pembelajaran PAI.
Education Manager
  1. Mampu mengelola lingkungan pendidikan secara mikro dan makro dengan memperhatikan norma sosial dan teori perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Mampu berkomunikasi secara efektif di dalam dan di sekitar lingkungan belajar sesuai dengan norma sosial, etika profesi, dan nilai-nilai Islam.
Researcher and education consultant
  1. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian pendidikan di bawah koordinator pembimbing.
  2. Mampu melaporkan dan menyebarluaskan hasil penelitian di bawah koordinasi pembimbing.
  3. Mampu membuat usulan pengembangan peserta didik dengan mempertimbangkan potensi dan perkembangan peserta didik sesuai dengan konsep pendidikan Islam.

 

S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR 

Profil Lulusan             Deskripsi
Educators Lulusan menjadi pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berdasar keilmuan, karakter berbasis nilai-nilai, dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan sekolah dasar serta mampu memeriksa pengelolaan pembiayaan pendidikan secara profesional
Edupreneur Lulusan menjadi edupreneur yang mampu menciptakan peluang usaha secara mandiri atau melalui kemitraan dengan orang lain pada bidang pendidikan sekolah dasar

 

S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA

Profil Lulusan Deskripsi
Teacher Candidate Lulusan Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Alma Ata mampu menjadi calon guru matematika baik pada jenjang pendidikan menengah (SD, SMP/MTs, SMA/MA/SMK, atau yang sederajat).
Researcher Lulusan Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Alma Ata mampu merencanakan dan melaksanakan penelitian di bidang pendidikan, khususnya di bidang matematika, serta memanfaatkan hasil penelitian tersebut untuk meningkatkan mutu pendidikan matematika.
Entrepreneur Lulusan Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Alma Ata mampu merancang dan mengembangkan pendidikan matematika melalui peluang usaha di bidang matematika. Hal ini dapat berupa pengembangan strategi, metode, dan media pembelajaran matematika sebagai jembatan dan sarana peningkatan mutu pendidikan pada umumnya dan matematika pada khususnya.
Author Lulusan Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Alma Ata mampu mengembangkan ilmunya melalui tulisan dalam bentuk artikel atau buku tentang matematika, khususnya pembelajaran.
Leader and Manager Lulusan Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Alma Ata mampu memimpin dan bertanggung jawab terhadap hasil kerja mandiri dan kelompok, mampu mengelola sumber daya yang ada dan mampu mengambil keputusan yang tepat dalam memecahkan masalah pendidikan matematika.

 

S1 PENDIDIKAN GURU MI

Profil Lulusan Deskripsi
Educator Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UniversitasAlma Ata mampu menjadi pendidik profesional dan unggul pada jenjang pendidikan dasar, baik Sekolah dasar (SD) maupun Madrasah Ibtidaiyah (MI) serta memiliki wawasan keilmuan, keterampilan dan sikap positif sebagai seorang ahli pendidikan dasar yang muttaqin.
Reseacher Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Alma Ata menjadi peneliti pemula yang muttaqin yang mampu merencanakan, melaksanakan dan memanfaatkan hasil penelitian terbarukan di bidang pendidikan dasar serta mampu memanfaatkan hasil penelitian tersebut untuk kemajuan pendidikan dasar, khususnya Madrasah Ibidaiyah (MI)
Islamic Edu-tech-preneur Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Alma Ata mampu menjadi entrepreneur muttaqin di dalam bidang inovasi pendidikan berbasis penelitian, teknologi dan penelitian terbarukan, yang mandiri, kreatif, dan inovatif dalam menghasilkan karya dan mengembangkan usaha, baik secara individual maupun kolektif, dalam rangka mewujudkan peningkatan seluruh fungsi pengajaran dan mutu pendidikan