Lokakarya Perencanaan Pembelajaran Berbasis Data Program Sekolah Penggerak Angkatan 3 di SMP N 1 Temon Kulonprogo

Lokakarya Perencanaan Pembelajaran Berbasis Data Program Sekolah Penggerak Angkatan 3 di SMP N 1 Temon Kulonprogo

An-Nisa Apriani, M.Pd. merupakan salah satu dosen PGSD Universitas Alma Ata yang lolos sebagai Fasilitator Sekolah Penggerak (FSP) Angkatan 3 Wilayah Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada tanggal 18 November 2023, An-Nisa Apriani, M.Pd. sebagai Fasilitator sekolah penggerak (FSP) menjadi narasumber dalam kegiatan lokakarya perencanaan pembelajaran berbasis data selama 8 JP dari pukul 08.00-15.45 WIB di SMP Negeri 1 Temon Kulon progo. Kegiatan lokakarya bertujuan agar peserta memahami perencanaan berbasis data berdasarkan hasil rapor Pendidikan untuk Pendidikan dasar. Kegiatan lokakarya menekankan proses memahami dan melakukan perencanaan berbasis data dengan menggunakan salah satu cara untuk Pendidikan dasar dan menengah.

Kegiatan lokakarya dilakukan dengan Teknik MERDEKA yaitu Mulai diri sendiri, Eksplorasi konsep, Ruang kolaborasi, Refleksi terbimbing, Demonstrasi kontekstual, Elaborasi pemahaman, Koneksi materi, dan Aksi nyata. Teknik mulai di sendiri, peserta lokakarya berbagi pengalaman dalam membuat perencanaan dan penganggaran program di lingkungan satuan Pendidikan masing-masing. Teknik eksplorasi konsep, narasumber sharing dengan peserta tentang materi urgnesi perencanaan berbasis  data, pengenalan rapor Pendidikan sebagai dasar perencanaan berbasis data, tahap perencanaan berbasis data, dan monitoring evaluasi. Teknik ruang kolaborasi, peserta dibagi kelompok sesuai sekolah masing-masing menyelesaikan kegiatan identifikasi, refleksi dan benahi RKT dan menyelesaikan rancangan RKAS dengan menggunakan salah satu cara. FSP mendampingi setiap kelompok saat proses diskusi. Teknik demonstrasi kontekstual, perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok pada ruang kolaborasi (masing-masing kelompok @10 menit), peserta yang lain memberikan umpan balik dan FSP memberikan penguatan. Selanjutnya, kelompok/satuan Pendidikan membuat aksi nyata satuan Pendidikan pada lembar kerja aksi nyata salah satu program benahi yang ada di RKAS. Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil rancangan aksi nyata dan diskusi Bersama.

 

 

 

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *