3 Do’a yang Efektif di Bulan Rabiul Awal

3 Do’a yang Efektif di Bulan Rabiul Awal

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan – Halo teman-teman! Sudah waktunya kita bertemu lagi di bulan penuh misteri, bulan Rabiul Akhir. Bagaimana kabar kalian? Di tengah hiruk pikuk kehidupan, mari kita ingat betapa pentingnya doa-doa istimewa ini. Seolah-olah itu adalah perjalanan spiritual, seperti melangkah melalui terowongan waktu menuju pemahaman yang lebih dalam.

Dan tentu saja, kita tidak boleh melupakan peran doa sebagai senjata orang beriman. Di bulan yang diberkati ini, seperti seorang mahasiswa mencari ilmu di Universitas Alma Ata, mari kita manfaatkan setiap doa sebagai kunci untuk pemahaman yang lebih dalam dan makna yang mendalam. Semoga setiap langkah yang kita ambil bulan ini membawa berkah dan pencerahan seperti mata pelajaran yang dipelajari di kampus kehidupan. Nikmati bulan Rabiul Akhir dengan antusiasme! 🌙

Jadi, mari kita menjelajahi artikel ini bersama untuk mengungkap tiga doa yang kuat yang dapat mengubah hidup kita. Meskipun kita mungkin lebih suka menghabiskan waktu dengan teman-teman, belajar, atau bersenang-senang, tidak ada salahnya mencari ketenangan dan kekuatan dalam doa. Siapa tahu, salah satu dari tiga doa ini bisa menjadi kunci kebahagiaan dan kesuksesan kita di masa depan. Ayo kita mulai!

Allah berfirman dalam Surah al-Baqarah [2] ayat 186:
وَاِذَا سَاَلَكَ عبَادِيْ عَنِّيْ فَاِنِّيْ قَرِيْبٌ ۗ اُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِۙ فَلْيُؤْمِنُوْا بِيْ لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُوْنَ
Artinya: “Apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia berdoa kepada-Ku. Maka hendaklah mereka memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

Di sisi lain, kebesaran doa ini sebagai bentuk perlindungan dari murka Allah, teman-teman. Hal ini sesuai dengan kata bijak yang pernah diucapkan oleh Nabi Muhammad SAW, seperti yang dikisahkan dari Abu Hurairah:
مَنْ لَمْ يَسْأَلْ اللَّهَ يَغْضَبْ عَلَيْهِ
Artinya: “Barangsiapa yang tidak meminta kepada Allah, maka Allah akan marah kepadanya.”
Dalam kisah tersebut, maksudnya adalah bahwa Allah sangat senang dengan hamba-Nya yang tekun berbicara pada-Nya. Ketika kita berdoa, kita sadar bahwa kita lemah dan tidak memiliki apa-apa, lalu meminta pertolongan Allah. Hal ini menunjukkan bahwa kita patuh dan taat kepada Allah.
Selain itu, Allah juga mengetahui semua kebutuhan kita, sehingga jika kita tidak berdoa, Allah bisa menjadi kesal. Karena Allah menganggap bahwa kita tidak percaya pada-Nya atau tidak merasa butuh pertolongan-Nya.

Sekarang, mengenai doa-doa dalam bulan Rabiul Akhir yang merupakan bulan ke-4 dalam kalender Hijriyah yang memiliki banyak keistimewaan, salah satunya adalah bahwa doa-doa kita dapat lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT.

1. Mohon ampun Allah SWT

Doa baik ini terdapat dalam buku Zubdatul al-Futuhat al Makkiyah, yang ditulis oleh Saladin at Tijani, teman-teman. Ini ada di Volume 2, halaman 62! Ini sungguh luar biasa, di sini ada informasi tambahan yang bisa menjadi bermanfaat bagi kita semua.

“Ya Tuhan kami, hilangkanlah siksaan dari kami, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang beriman. Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada orang tuaku, dan agar aku dapat melakukan amal saleh yang Engkau ridhai dan perbaikilah bagi saya keturunan saya. Sesungguhnya aku bertaubat kepada-Mu dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.

Ya Tuhan kami, ampunilah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman sebelum kami dan janganlah Engkau jadikan dalam hati kami kebencian terhadap orang-orang yang beriman. Ya Tuhan kami, sungguh Engkau Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Tuhan kami, kepada-Mu kami bertawakkal, dan kepada-Mu kami kembali, dan kepada-Mu tempat kembali segala sesuatu. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami fitnah bagi orang-orang kafir dan ampunilah kami, ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. Ya Tuhan kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami dan ampunilah kami, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

2. Mohon diberikan kebaikan di dunia dan akhirat, serta dilindungi dari kejahatan orang-orang zalim

Doa ini juga terdapat dalam buku al-Wasaya li Ibn Arabi yang ditulis oleh Imam Besar, Ibn Arabi, teman-teman. Anda bisa melihatnya langsung di halaman 194. Sungguh keren bisa memeriksa sumber langsung ini!

“Ya Tuhan kami, terimalah dari kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Ya Tuhan kami, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia ini dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka.”

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ, رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ, رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ, رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا, رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا, رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ, رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ, رَبَّنَا إِنَّنَا آمَنَّا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ, رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ, رَبَّنَا آمَنَّا بِمَا أَنْزَلْتَ وَاتَّبَعْنَا الرَّسُولَ فَاكْتُبْنَا مَعَ الشَّاهِدِينَ, رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَإِسْرَافَنَا فِي أَمْرِنَا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ, حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ.

Artinya: “Ya Tuhan kami, terimalah dari kami (amal-amal kami), sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Ya Tuhan kami, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia ini dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka.

Ya Tuhan kami, berikanlah kami kesabaran, teguhkanlah langkah-langkah kami, dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau melakukan kesalahan.

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Ampunilah kami, ampunilah kami, dan berilah kami rahmat. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong menyimpang setelah Engkau memberi petunjuk kepada kami. Dan berikanlah kami rahmat dari sisi-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Pemberi. Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah beriman, maka ampunilah kami atas dosa-dosa kami dan lindungilah kami dari siksa neraka.

Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar doa-doa. Ya Tuhan kami, kami telah beriman kepada apa yang Engkau turunkan dan kami mengikuti Rasul, maka catatkanlah kami bersama orang-orang yang menjadi saksi.”

“Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa dan kesalahan-kesalahan kami, dan teguhkanlah langkah-langkah kami, serta tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir. Allah cukup sebagai pelindung kami, dan Allah adalah pelindung yang terbaik.”

“Mohonlah petunjuk, bimbingan, kekuatan, rezeki, dan perlindungan dari Allah SWT. Petunjuk dan bimbingan adalah kunci untuk mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat, sahabat. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu meminta petunjuk dan bimbingan dari Allah.”

رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا إِنَّنَا سَمِعْنَا مُنَادِيًا يُنَادِي لِلْإِيمَانِ أَنْ آمِنُوا بِرَبِّكُمْ فَآمَنَّا رَبَّنَا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّئَاتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ الْأَبْرَارِ. رَبَّنَا وَآتِنَا مَا وَعَدْتَنَا عَلَى رُسُلِكَ وَلَا تُخْزِنَا يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِنَّكَ لَا تُخْلِفُ الْمِيعَادَ» «وَاجْعَلْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ وَلِيًّا وَاجْعَلْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ نَصِيرًا. وَارْزُقْنَا وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ» «رَبَّنَا افْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَا بِالْحَقِّ وَأَنْتَ خَيْرُ الْفَاتِحِينَ. رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَتَوَفَّنَا مُسْلِمِينَ» «فَلَا تُشْمِتْ بِيَ الْأَعْدَاءَ وَلَا تَجْعَلْنِي مَعَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ. وَأَدْخِلْنَا فِي رَحْمَتِكَ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِينَ. أَنْتَ وَلِيُّنَا فَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا وَأَنْتَ خَيْرُ الْغَافِرِينَ. رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِلْقَوْمِ الظَّالِمِينَ وَنَجِّنَا بِرَحْمَتِكَ مِنَ الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ. فَاطِرَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ أَنْتَ وَلِيِّي فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ تَوَفَّنِي مُسْلِمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ.

“Ya Tuhan kami, Engkau tidak menciptakan semua ini dengan sia-sia. Mahasuci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar seruan yang menyeru untuk beriman, (yaitu) ‘Berimanlah kepada Tuhanmu’, maka kami beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami, hapuskan kesalahan-kesalahan kami, dan angkatlah kami bersama orang-orang yang bertakwa.”

“Ya Tuhan kami, berikanlah kepada kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami melalui rasul-rasul-Mu, dan janganlah Engkau hinakan kami di hari kiamat. Sungguh, Engkau tidak pernah menyalahi janji-Mu. Dan jadikanlah kami pemimpin yang mendapat pertolongan dari sisi-Mu, dan berikanlah kami rezeki, dan Engkaulah sebaik-baik pemberi rezeki.

Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, maka sungguh kami termasuk orang-orang yang merugi.

Ya Tuhan kami, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan kebenaran, dan Engkaulah sebaik-baik pemberi keputusan. Ya Tuhan kami, berikanlah kami kesabaran dan wafatkanlah kami dalam keadaan Islam, dan janganlah Engkau biarkan musuh-musuhku bergembira karena aku.”

3. Mohon perlindungan dari bahaya penyakit, dan pandemi, serta agar diberi rezeki yang halal

Adapun kitab al-Mustajab, yang berisi doa-doa yang diterima seperti yang dialamatkan oleh Saladin, salah satunya kisahnya sahabat yang dapat ditemukan di Ibn Manzur, sahabat 33 untuk doa.

Sumber :

  • https://islam.nu.or.id/syariah/3-doa-mustajab-di-bulan-rabiul-akhir-hvzWT
  • https://www.freepik.com/free-photo/muslim-praying-sujud-posture_2895104.htm#fromView=search&page=1&position=0&uuid=c1ef1748-51b7-4da0-827e-6ca8f6a1231e

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Kirimkan Pesan
Ada yang bisa kami bantu?
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Ada yang bisa kami bantu?

Silahkan kirimkan pesan kepada kami perihal FITK Universitas Alma Ata. Terimakasih